Gangguan terhadap performa mesin
datangnya belum tentu hanya pada mobil yang sudah berumur saja. Bisa
saja terjadi pada Honda Jazz atau New City yang sudah mengusung mesin
tipe L15 berteknologi i-DSI yang umurnya cenderung relatif lebih muda.
Salah satu contoh gangguan adalah pada saat melakukan akselerasi yang diikuti engine braking alias putaran menurun, laju mobil terasa anjrut-anjrutan saat kembali melakukan akselerasi.
Masalah tersebut ditengarai seperti mengalami misfire atau
pembakaran kurang optimal oleh sistem pengapian. Bukan apa-apa,
kesempurnaan pembakaran mesin i-DSI butuh sulutan api simultan dari
kedua busi dengan baik. Jika ritual perawatan ada yang terlewatkan, bisa
saja salah satu komponen mulai bermasalah. Baik pada sistem pengapian
itu sendiri ataupun lemahnya pasokan bensin.
Nama Komponen-komponen sistem EFI atau Injeksi dan Fungsinya
Fuel Pump atau Pompa Bensin, pompa bensin di gunakan untuk menghisap bbm dari tanki dan memompa pada tekanan tertentu untuk disalurkan ke delivery line sebelum diinjeksikan menunggu perintah ECU.
ECU atau Engine Control Unit atau ECM – Engine Control Module berguna untuk mengolah data dari sensor untuk memberikan perintah pada aktuator untuk bekerja.
DLC atau Data Link Connector berguna untuk diagnosa kerja dari sistem.
Variable Resistor berfungsi untuk mengatur tingkat campuran bahan bakar dan udara pada mesin EFI dan harus menggunakan CO tester ketika melakukan penyetelan,
Speed sensor berfungsi untuk mendeteksi kecepatan kendaraan.
MAP sensor atau Manipol Absolute Pressure sensor pada EFI tipe D berfungsi untuk mendeteksi tingkat kevacuuman pada intake manipol.
MAF atau Mass Air Flow pada EFI tipe L berfungsi untuk mendeteksi Volume Udara yang masuk menuju intake manipol.
TPS atau Throttle Position Sensor berfungsi untuk mendeteksi pembukaan katup gas (throttle valve) sesuai injakan pedal gas.
Idle Speed Control (ISC) berfungsi untuk mengatur putaran mesin ketika idle atau putaran mesin tanpa beban atau putaran mesin ketika pedal gas belum di injak. ISC tidak lagi digunakan oleh mobil-mobil injeksi yang telah menggunakan ETCS-i
Injektor pada mobil Injeksi berfungsi untuk menginjeksikan sejumlah BBM berdasarkan perintah ECU yang disesuaikan dengan kondisi pengendaraan.
Cara Kerja Sistem Injeksi
Teknologi injeksi bahan bakar adalah
salah satu dimana bahan bakar secara langsung dipasok ke dalam ruang
silinder intake manifold. Pada kendaraan bermotor yang sudah menerapkan
sistem injeksi, memiliki bagian yang berfungsi untuk mengontrol dan
mengatur pasokan udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran secara
efektif dan efisien. Bagian kontrol ini terdapat sensor (berupa
elektronik) yang akan mengatur jumlah udara dan bahan bakar secara
homogen sesuai dengan kebutuhan mesin.
Selama sensor bekerja dengan baik,
kemungkinan kerusakan sangat kecil. Sistem throttle body pasokan bahan
bakar yang terletak di throttle body langsung ke ruang asupan sedangkan
sistem titik tunggal akan memasok bahan bakar dari injektor tunggal.
Sensor ini akan membaca putaran mesin dan jumlah udara kemudian akan
mengirimkan hasil pembacaannya tersebut kepada ECU (Engine Control
Unit). ECU akan menghitung dan mengolah selanjutnya akan menentukan
jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan ke dalam ruang bakar.
Sangat membantu untuk memahami sistem EFI
BalasHapusBikin artikel LG kawan supaya kami pemula ini mengerti sistem injeksi yg kelas terimakasih penjelasanya kawan.
BalasHapusMohon info, jazz idsi sy tidak bisa distart sama sekali akibat kehabisan bensin. Sy cek kabel injector terdapat arus positif, cek negatif tidak ada. Kira2 apa yg rusak dan harus diganti. Pompa bensin sdh sy ganti masih juga.
BalasHapusTerima kasih atas bantuannya.
videoslots.com Videoslots.com Videoslots 【33k1.com】 Get The Best Latest Videoslots
BalasHapusVideoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com youtube to mp4 Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.com Videoslots.